Play Video

Cirebon adalah salah satu kota spesial di Jawa Barat yang sedang terus tumbuh sebagai kota urban yang telah didukung oleh beberapa faktor, diantaranya dari segi perekonomia, pendidikan, infrastuktur & Transportasi dan Pariwisata. Dari segi perekonomian, cirebon mengalami perkembangan yang signifikan mengingat cirebon dijadikan sebagai kota transet bisnis tempat pertemuan bisnis dari berbagai kota pulau jawa.

Jalan raya jalur pantura yang telah di dimudahkan via Tol Cipali dan pelabuhan. kondisi ini sangat berpengaruh terhadap bisnis di bidang jasa seperti perhotelan dan kulinernya, terlihat sekali akhir-akhir ini banyak berdiri perhotelan di cirebon mulai dari hotel kelas lokal-intrnasional. Ditambah lagi dengan sedang dibangunya Bandara Internasionl di Majalengka yang akan memudahkan dan meramaikan mobilisasi perekonomian.

Dari segi pendidikan di cirebon banyak berdiri universitas ternama diantaranya Unswagati, Untag, IAIN/STAIN, Akper, Stikes dan kampus ITB cabang Cirebon sedang dibangun. Kegiatan Perkuliahan cukup ramai dimana mahasiswanya dipenuhi dari daerah cirbon dan sekitarnya Kuningan, Indramayu, Majalengka, Brebes, Tegal.

Akhir-akhir ini sangat sulit mencari tanah kosong di kota cirebon apalagi dengan harga murah, mengingat pertumbuhan penduduk yang semakin padat. Ke mana lagi mencari rumah di pusat kota cirebon? Apalagi dengan harga murah!

Sejarah Cirebon

Sejarah Kesultanan kota Cirebon dimulai pada abad ke-15 dan 16 masehi yang mana saat itu berdiri Kesultanan Cirebon, sebagai pangkalan penghubung jalur perdagangan antar pulau.

Pada 1677, Kesultanan Cirebon dibagi menjadi tiga yang diwakili oleh ketiga sultan: Pangeran Martawijaya sebagai Sultan Sepuh bergelar Sultan Raja Syamsuddin, Pangeran Kertawijaya sebagai Sultan Anom bergelar Sultan Muhammad Badriddin, serta Sultan Cerbon yang menjadi wakil Sultan Sepuh.

Dengan demikian, akhirnya ada tiga keraton di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan tempat tinggal Sultan Sepuh, Keraton Kanoman tempat tinggal Sultan Anom, dan Keraton Kacirebonan tempat tinggal Sultan Cerbon. Selain ketiga keraton tersebut, sebenarnya ada satu keraton lagi yang tidak begitu dikenal, yaitu Keraton Gebang.

Perpaduan Budaya Cirebon

Lokasi Cirebon yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat memberikan corak tersendiri bagi Kesultanan Cirebon, sehingga budaya yang dimiliki masyarakat Cirebon tidak condong ke budaya Jawa maupun Sunda. Hasilnya, sebuah budaya khas yang unik gabungan keduanya.

 

Cirebon Masa Kini dan Industri Kreatifnya

Seiring dengan terus bergulirnya momentum industri kreatif nasional, Cirebon terus berkembang sebagai kota industri kreatif. Lewat berbagai kegiatan masyarakat, pemerintah terus mengembangkan industri kreatif di Cirebon hingga makin dikenal oleh dunia internasional.

Kain Batik Khas Cirebon

Batik Megamendung sudah lama dikenal sebagai batik khas Cirebon, namun ternyata tak hanya batik megamendung saja yang punya kualitas super dan digandrungi wisatawan baik dalam dan luar negeri. Di kawasan Sentra Batik Trusmi, ada pula Batik Ninik yang terkenal karena kualitas batik halusnya. Bahkan sang pemilik toko punya sebuah batik warisan yang umurnya sudah mencapai 200 tahun! Proses detail dalam membatik disertai ketekunan, dan berorientasi kualitas sangat kentara. Tak heran wisatawan luar negeri pun berbondong-bondong mencari Batik Ninik di kawasan ini.

Industri Rotan Berkelas Dunia

Di Desa Tegalwangi, Cirebon, Anda akan menemukan sentra industri rotan yang sudah terkenal selama bertahun-tahun. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai pengrajin rotan yang dikerjakan di rumah masing-masing. Standar kualitas yang tinggi di sentra industri ini bahkan membuat brand besar seperti IKEA mengambil suplai kerajinan rotan dari sini.

Destinasi Wisata

Dengan perkembangan kota Cirebon yang begitu pesat, tak heran jika banyak orang mengunjungi kota tersebut dan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik. Selain wisata budaya yang banyak dicari orang, ternyata wisata kota Cirebon juga menyimpan potensi wisata alam dan kuliner yang wajib dicoba. Jika Anda sedang berlibur di Cirebon, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa Anda kunjungi.

  • Setu Patok
    Setu Patok disebut-sebut sebagai Danau Tobanya Cirebon karena merupakan danau terbesar dengan luas sebesar 175 hektar. Di tengah-tengah danau, ada sebuah pulau kecil yang menarik. Pemandangan Setu Patok amat indah saat pagi maupun sore hari, terlebih jika Anda mendapatkan momen saat langit berwarna kekuningan di tempat ini. Perbukitan yang mengelilingi danau menjadi pemandangan indah dengan daya tarik tersendiri, memberikan atmosfer tenang dan teduh. Lokasinya yang tak terlalu jauh dari pusat kota juga menjadi alasan banyaknya wisatawan yang datang ke sini.
  • Pantai Kejawanan
    Berlokasi di dekat pelabuhan Cirebon, Pantai Kejawanan punya banyak sekali spot fotografi yang luar biasa indah. Tak heran jika tempat ini digandrungi para fotografer untuk hunting foto. Tak sedikit pula anak-anak muda maupun keluarga yang berfoto bersama untuk mengabadikan momen-momen kebersamaan mereka.
    Di pagi dan sore hari, Anda bisa melihat sunrise dan sunset yang mempesona di pantai ini. Cari saja spot favorit di pantai ini, yaitu berupa medan berbatu yang panjangnya kurang lebih 1 km menjorok ke laut!
  • Bukit Gronggong
    Terkenal karena memiliki pemandangan malam hari yang keren, Bukit Gronggong memanjakan pengunjung dari ketinggian bukit di atas kota Cirebon. Suasana malam jadi makin romantis dengan banyaknya lampu kota berkedip yang terlihat dari kejauhan. Sebagai kawasan wisata populer, di Bukit Gronggong tersedia banyak penginapan dan restoran yang menyajikan keindahan panorama perbukitan sebagai daya tarik utama. Berlibur di tempat ini bersama keluarga atau pasangan akan sangat berkesan.

Kuliner Khas Cirebon

Sulit rasanya jika tidak membicarakan Empal Gentong jika sedang mendiskusikan tentang wisata kuliner di Cirebon. Empal Gentong jadi makanan khas Cirebon sejak lama karena kelezatannya yang luar biasa.

Disebut empal gentong karena dahulu kala, belum ada panci untuk memasak empal, sehingga masyarakat memasak empal dengan menggunakan gentong. Beberapa rumah makan empal gentong yang legendaris dan layak dicoba antara lain Empal Gentong Haji Apud, Empal Gentong Amarta, dan Empal Gentong Krucuk.

Wajah penuh warna dari kota Cirebon tak bisa sepenuhnya terangkum dalam tulisan di atas. Untuk mengeksplorasi secara menyeluruh, Anda harus berkunjung ke Cirebon untuk merasakan sensasi berlibur terbaik.